Search

Setting Intention Menyambut Tahun Baru



Apakah kamu tipe orang yang senang membuat rencana untuk tahun yang baru mau dimasuki, atau tipe yang cuek dan go with the flow? Kedua hal ini tentunya tidak ada yang salah, semua tergantung kepribadian masing-masing.

Saya kebetulan pernah mencoba kedua metode ini di dua tahun yang berbeda, dan hasilnya ternyata tidak seperti yang diharapkan. Jadi untuk menyongsong tahun 2019, saya ada ide untuk membuat tahun baru kita menjadi lebih seimbang.

Bagi si tipe perencana:

Buatlah perencanaan sesuai dengan gayamu, mungkin ditulis di buku jurnal atau bahkan dibuat rapi di power point atau excel 😁(yes, saya adalah tipe yang ini nih…). Buatlah dengan betul-betul lengkap, dan buat jadwal berkala untuk menelaah ulang; bisa setiap bulan, bisa juga setiap tiga bulan. Idealnya perencanaan ini kamu buat sebelum masuk tahun baru atau di awal bulan Januari. Selesai membuat planning ini, kamu bisa membaca ulang semua rencanamu ini dengan seksama kemudian beri waktu sejenak untuk dirimu menyerap semua informasi ini dengan hening. Tutup mata dan berdoalah, dan bayangkan semua rencana-rencanamu ini berjalan dengan lancar. Jika rasanya sudah cukup, ambil napas yang dalam lewat hidung dan buang lewat mulut dengan sama dalam. Lakukan beberapa kali.

Setelah kamu sudah terasa grounding, ucapkan afirmasi di dalam hati bahwa kamu akan tetap berusaha keras untuk bekerja dan berkarya setiap harinya dan tetap akan mengikuti irama hidup dengan rileks. Intinya kamu tetap akan fleksibel, go with the flow. Jadi apapun yang terjadi nantinya, kamu tidak akan stress jika melenceng dari rencana. Have faith, apapun yang terjadi adalah yang paling terbaik untuk dirimu. Ucapkan terima kasih kepada dirimu sendiri dan alam semesta.

Kemudian tutuplah tulisanmu ini dan tidak perlu dicek sering-sering.

Bagi si tipe rileks:

Bagi kamu yang terbiasa untuk hidup bagaikan air, mengalir kemana saja tergantung mood dan energi orang-orang di sekitarmu, cobalah untuk sekali-kali membuat perencanaan untuk tahun baru. Tidak perlu repot sampai harus membeli buku jurnal baru misalnya, cukup coret-coret di aplikasi catatan di ponsel, atau bisa juga menulis di secarik kertas yang kemudian disimpan di laci dengan barang-barang personalmu.

Sama seperti metode latihan di atas, jangan lupa sebelum catatanmu ini disimpan, baca dulu semua yang sudah kamu tulis dengan seksama dan ajak dirimu untuk hening sejenak. Tutup mata dan berdoalah, dan bayangkan semua rencana-rencanamu ini berjalan dengan lancar. Jika rasanya sudah cukup, ambil napas yang dalam lewat hidung dan buang lewat mulut dengan sama dalam. Lakukan beberapa kali.

Bagi tipe yang santai ini, setelah terasa grounding maka ucapkan afirmasi di dalam hati untuk mengecek catatanmu ini secara berkala setiap 3-4 bulan kemudian. Kalau perlu pasang reminder di ponsel. Sebelum selesai ucapkan terima kasih kepada dirimu dan alam semesta.

Dengan demikian hari-harimu yang akan datang akan terisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih terarah.

Selamat mencoba dan selamat menjalani hari-hari di tahun 2019, semoga kita semua selalu bisa berkarya di kegiatan yang kita cintai dan membawa hasil yang menyenangkan bagi diri kita dan orang lain! 😊


#selfcare #simplethingsinlife #intention #settingintention #yoga #kisahyogasaya #yogajakarta #optimism #travelingyogini #yogawithchandrakj #yogarimbabaca #kelasyoga #yoganujuhbulan #yogajakartaselatan #meditation #grounding #havefaith #gowiththeflow #afirmasi #breathing

13 views

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook