Search

Menerapkan Ahimsa dalam Kehidupan Sehari-hari

Updated: Jan 3

Saya sering menerangkan di kelas yoga saya bahwa yoga itu bukan hanya gerakan/pose atau yang disebut asana saja. Tetapi ada tujuh cabang lainnya di dalam kata “yoga”. Saya pernah posting tulisan singkat tentang Delapan Cabang Yoga (Eight Limbs of Yoga) di tahun 2018. Yang ingin saya highlight sekarang ini adalah poin pertama dari Yama yaitu Ahimsa. Yama bisa diartikan sebagai pengendalian diri, yaitu tata cara kita hidup di dunia ini. Dan nomor satu yang ada di dalam Yama adalah Ahimsa yaitu non violence yang dalam Bahasa Indonesia artinya adalah tidak melakukan kekerasan.


Arti dari Ahimsa ini tampak simple tetapi sesungguhnya mengandung arti yang dalam. Dan yang banyak orang lupa adalah tidak melakukan kekerasan ini bukan hanya terhadap orang lain, tetapi berlaku juga terhadap semua makhluk hidup dan diri sendiri. Padahal jika kita tidak baik pada diri sendiri bagaimana kita bisa baik kepada makhluk lain?


Dengan demikian aplikasi Ahimsa dalam kehidupan sehari-hari ternyata bisa sangat sederhana karena bisa dimulai dari Ahimsa terhadap diri kita sendiri. Jadi di tahun 2020 saya ingin mengajak teman-teman untuk memperhatikan Ahimsa di dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan Ahimsa sebagai undangan untuk kita senantiasa melakukan introspeksi diri.

Let’s step into 2020 with good intention, positive thinking and doing!


#yogawithchandrakj #ahimsabychandrakj #myahimsa #ahimsa2020 #yogajakartaselatan #resolusitahunbaru #ahimsa #yoga #intention #settingintention #yoga #kisahyogasaya #yogajakarta #yogarimbabaca #kelasyoga #yoganujuhbulan #meditation #havefaith #gowiththeflow #afirmasi #positivethinking #introspeksidiri


📷 by: Eric

100 views

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook