Search

Be Comfortable In Your Body



Sama seperti kaum perempuan pada umumnya, sayapun mengalami fase dimana semua anggota tubuh saya rasanya kurang pas. Perut gendut, ukuran kaki terlalu kecil, pinggang kurang ramping, pipi terlalu tembam, rambut mengembang, dan lain sebagainya. Akibatnya jika ada orang yang memuji misalnya rambut saya yang tebal, saya pasti mengingatkan lagi bahwa rambut saya tidak patut dipuji karena tidak lurus sehingga susah diatur. Terus saja begitu sampai akhirnya selama bertahun-tahun saya berada di dalam lingkaran negatif tersebut. Yang akhirnya membantu saya untuk menerima fisik saya seutuhnya adalah latihan yoga.


Ketika saya mulai rajin yoga tentu saja banyak yoga asana yang saya tidak bisa, tetapi ternyata banyak juga yang saya bisa. Dan karena sesudah latihan yoga ada rasa nyaman yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, jadi lama-lama saya tidak memperhatikan lagi hal-hal yang saya anggap kurang itu. Perhatian saya yang dulunya sibuk memikirkan hal-hal negatif pelan-pelan tergantikan dengan keinginan saya untuk bisa bernapas dengan nyaman pada saat latihan yoga, karena saya ingin mendapatkan savasana yang maksimal di akhir kelas.


Saran saya, jika kamu juga mempunyai pandangan negatif terhadap fisikmu, cobalah untuk melakukan suatu aktifitas fisik yang kamu sukai. Tujuannya agar kamu bisa merasakan adanya connection antara dirimu dengan tubuhmu. Bagi saya, kalau kamu memilih yoga tentunya ideal, karena dalam latihan yoga selain tubuh dituntut melakukan berbagai gerakan yang kadang suka terasa tidak biasa, napas juga harus seirama dan pikiran harus fokus. Tetapi tentunya kamu bisa mencoba aktivitas fisik lainnya. Jika kamu ragu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar kegiatan fisik yang kamu pilih bisa sesuai dengan kondisi kesehatanmu.


Have a great movement practice!


#yogawithchandrakj #ahimsabychandrakj #ahimsa2020 #myahimsa #bodypositive #grateful #thankful #latihanyoga #yogajakartaselatan #yogarimbabaca #yoganujuhbulan


📷 by: Eric

14 views

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook