Modifikasi Dalam Melakukan Savasana

Bagi saya Savasana yang dilakukan di akhir kelas yoga adalah pose yang tricky; kadang terasa sangat nyaman sampai saya tertidur pulas, tapi pernah juga saya malah merasa tidak nyaman dan gelisah. 

 

Akhirnya, sebelum latihan yoga saya menyiapkan beberapa alat bantu agar bisa mendapatkan savasana yang optimal. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba jika kamu juga susah masuk ke dalam savasana yang nyaman, beserta alat-alat bantu yang bisa dipakai.

 

1. Menutup mata dengan handuk/kain. 

Ini adalah cara yang paling praktis yang bisa membantumu masuk ke dalam savasana dengan cepat. Jadi jangan lupa siapkan handuk kecil sebelum latihan yoga. 

2. Berbaring dengan memakai bantal sebagai alas kepala.

Jika kamu terbiasa tidur dengan bantal yang tebal maka biasanya kamu akan sulit rileks pada saat savasana di lantai tanpa bantal. Atau jika kamu punya tekanan darah rendah, maka tidur tanpa bantal bisa membuatmu merasa pusing. Jadi lakukan savasanamu dengan bantal, sama seperti pada saat kamu tidur di tempat tidur. 

3. Berbaring dengan mengganjal lutut dengan bantal.

Karena savasana dilakukan di lantai, maka bagi kamu yang sering merasa sakit pada daerah punggung bawah atau tulang ekor, bisa mencoba savasana dengan meletakkan bantal di bawah lutut.

4. Berbaring dengan meletakkan bantal di atas dada.

Ini adalah cara yang saya pakai jika pada beberapa hari sebelum yoga saya merasa tidak grounding. Ciri-ciri yang paling mudah untuk mengetahui hal ini bagi saya pribadi adalah saya jadi makan lebih banyak karena saya tidak merasa ada connection dengan tubuh. Jadi sulit merasa kenyang. Selain itu, biasanya secara mental saya merasa mondar-mandir, padahal tubuh fisik saya tidak kemana-mana. 

Savasana dengan bantal di atas dada membantu saya merasa “berat” jadi setelah selesai saya rasanya lebih menyatu dengan tubuh, pikiran, dan jiwa. 

5. Berbaring dalam posisi miring.

Jika kamu punya sakit punggung atau sedang hamil, maka ini posisi yang paling aman.  Posisi ini bisa juga dipilih jika berbaring terlentang membuatmu merasa vulnerable.

Jadi kesimpulannya, apapun posisi yang kamu pilih, yang penting kamu bisa merasa aman dan nyaman pada saat savasana. Jangan segan atau malu memilih posisi yang berbeda dari teman-teman lain jika kamu ikut kelas offline.  Tetapi karena kita sekarang sedang dalam masa pandemi dan semua kelas bentuknya online, inilah saatnya kamu betul-betul mendengarkan setiap lapisan tubuhmu dan melakukan savasana dengan posisi yang tepat. 

Jangan lupa untuk check artikel mengenai savasana lainnya ("Pentingnya Savasana di Akhir Kelas Yoga" dan "Cooling Down Flow dan Savasana") di website saya.

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook