Search

Pentingnya Savasana di Akhir Kelas Yoga



Savasana, atau relaksasi yang dilakukan di akhir latihan yoga adalah pose yoga yang paling penting dari seluruh rangkaian yoga; jadi tidak boleh ditinggalkan. Di sinilah seluruh lapisan diri kita (tubuh, energi, emosi, dan jiwa), berintegrasi dengan berbagai yoga asana yang baru dilakukan pada latihan sebelumnya. Jadi pada pose ini tubuh menyerap seluruh manfaat dari latihan yoga.


Hal yang cukup menarik adalah ternyata banyak orang yang berpendapat bahwa savasana adalah pose yoga yang sulit dilakukan atau tidak penting. Saya pernah beberapa kali mengajar kelas dimana ada saja orang yang langsung meninggalkan ruangan pada saat savasana akan mulai atau membuka mata dan melirik terus ke arah saya seolah-olah memberikan kode agar kelas segera saya selesaikan. Padahal yang harus dilakukan hanyalah berbaring dan napas dengan rileks; bahkan boleh sampai tertidur. Ternyata rileks bagi sebagian orang adalah tantangan tersendiri.


Tentunya saya juga pernah mengalami rasa gelisah pada saat savasana, pikiran masih sibuk memproses urusan hari itu dan saya takut berbagai urusan yang harus dikerjakan jadi terlupa. Jika demikian, saya biasanya menutup mata dengan handuk agar suasana jadi gelap gulita. Setelah itu saya menikmati rasa tubuh yang rileks; biasanya pikiran akan ikut tenang dan akhirnya saya tertidur. Dan yang paling menyenangkan adalah begitu savasana selesai, tubuh dan pikiran saya terasa segar. Energi yang terkuras pada saat latihan yoga, rasanya kembali lagi berlipat ganda.


Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu merasakan manfaatnya savasana?


#yogawithchandrakj#ahimsabychandrakj#ahimsa2020#myahimsa#ahimsa#yogajakartaselatan#yogajakarta#yogarimbabaca#yoganujuhbulan#kisahyogasaya#listentoyourbody#yogadirumah#yogatransformasi #savasana #yogadirumah


📷 : Erik

8 views

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook