top of page

Pengalaman Saya Ikut Yoga Retreat

Ketika saya mulai latihan yoga tahun 2005, saya jadi tahu ada suatu program yang bernama yoga retreat. Pada saat itu saya masih bekerja kantoran, dengan tingkat stress yang cukup tinggi, dan jatah cuti yang pas-pasan. Tapi karena saya jatuh cinta dengan latihan yoga asana dari kelas pertama, jadi mendengar ada program seperti itu saya langsung kepingin ikut. Apalagi yang mengadakan adalah Mas Arif, guru yoga yang membuat saya jatuh cinta dengan yoga. Tahun 2009 saya ikut yoga retreat pertama saya di Ubud, Bali, dengan Mas Arif dan murid-murid beliau lainnya.


Jika melihat lagi ke yoga retreat perdana saya itu, yang bagi saya menarik adalah saat itu saya tidak mengajak siapa-siapa, dan saya juga tidak kenal dengan para peserta lain. Yang saya kenal hanyalah Mas Arif dan bagi saya itu sudah cukup. Intensi saya adalah saya mau pergi sendiri, karena saya belum pernah merasakan yang namanya solo traveling.

Berbeda dengan zaman sekarang yang segala sesuatu sudah sangat terhubung dengan media sosial, pada tahun 2009 belum seperti itu sehingga Mas Arif tidak memberikan promosi apapun. Saya modal percaya saja dengan program acara yang beliau buat. Yang sampai sekarang saya ingat adalah Mas Arif selalu mengingatkan bahwa tidak ada program acara yang harus diikuti. Jadi semuanya terserah kami.

Alhasil saya sangat menikmati “Me Time” yang saya dapatkan dengan ikut retreat tersebut. Tiga hari penuh saya isi dengan latihan yoga asana, meditasi, leyeh-leyeh, dan hening. Saya betul-betul menikmati kesendirian saya. Saya jadi mengerti apa yang dikatakan dengan istilah “The pleasure of my own company”.

Walaupun saya jadi dapat teman-teman baru, tapi nuansa “going inward” tetap bisa saya rasakan dengan maksimal. Bagi saya yang saat itu bekerja sebagai Corporate Marketing di sebuah perusahaan asuransi, going inward ternyata adalah hal yang sangat menyenangkan. Dan sejak saat itu saya jadi sering ikut yoga-yoga retreat yang lain, dan juga berbagai workshop dan training yoga.




Semua rasa-rasa yang saya dapatkan itulah yang saya jadikan sebagai intensi saya ketika membuat yoga retreat saya di Gili Trawangan. Tahun lalu saya berhasil membuat yoga retreat perdana saya, dan bulan depan saya akan buat lagi. Ikutan yuk, masih ada beberapa slot kosong loh! ☺ DM saya di IG atau email ke yogawithchandrakj@gmail.com untuk mendaftar.

Terima kasih atas perhatianmu dan semoga kita bisa jumpa bulan depan di pulau tercinta saya ini!


NB: Foto-foto di atas adalah waktu saya ikut yoga retreat tahun 2010 di Ubud bersama Mas Arif dan teman-teman sesama murid beliau, tetapi bukan ketika saya ikut yoga retreat perdana tersebut.

Comments


bottom of page