top of page

Mindful Body Movements to Start The Day

Sekarang ini saya berusia 46 tahun. Tentunya di usia mid 40’s ini tubuh sayapun sudah memberikan sinyal-sinyal bahwa saya tidak muda lagi. Hehehehe! Jadi sejak tahun lalu saya sudah melakukan suatu latihan yang sedikit berbeda dengan latihan yoga asana, tetapi tentunya sama-sama berbasis mindfulness. Dulu saya biasanya melakukan latihan ini saat mengikuti workshop, jadi durasinya panjang. Sekarang ini saya modifikasi menjadi lebih pendek sehingga praktis untuk dilakukan tiap pagi. Setelah itu tentunya dilanjutkan dengan sesi meditasi.


Saya sering menyebut latihan ini dengan nama free-form movements, tetapi banyak teman-teman saya yang menyebutnya sebagai dance karena gerakannya bisa dikatakan mirip dengan menari. Walaupun begitu, bagi saya latihan ini berbeda dengan menari yang ada aturan-aturan yang baku; karena latihan ini betul-betul bisa dikatakan sebagai bergerak sesuka hati. Jadi tentunya sangat berbeda dengan latihan yoga asana yang sisi tubuh kanan dan kiri mengikuti gerakan yang sama.


Selain itu latihan ini bisa dilakukan sambil duduk, berdiri, atau berbaring. Yang penting nyaman. Yang pasti saya selalu menutup mindful body movements practice ini dengan sesi meditasi sekitar 10-15 menit. Karena pada akhirnya intisari dari berbagai latihan olah tubuh yang seiring dengan napas dan yang mempunyai fokus pada mindfulness adalah duduk hening dalam meditasi.


Bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang latihan ini bisa tonton video pendek saya di bawah ini atau ikut Special Class saya pada hari Sabtu, 28 Januari 2023, jam 8 WIB. Bagi yang sudah mendaftar sampai jumpa online beberapa hari lagi ya!



コメント


bottom of page