Apakah Sebaiknya Kita Para Wanita Tetap Yoga Saat Haid?

Tulisan saya kali ini khusus ditujukan untuk kaum wanita. Haid sering menjadi isu bagi kita para pecinta yoga karena pasti kamu sering mendengar berbagai pendapat yang simpang siur mengenai topik ini. Sebenarnya boleh tidak sih kita yoga pada saat haid?

Saya sebagai wanita yang sering mengalami masalah waktu haid seperti sakit perut, migren, maupun tekanan darah rendah, sangat mengerti mengapa wanita sering dilema untuk yoga pada saat haid. Sayapun mengalami dilema itu dan ada saja murid-murid yang bertanya tentang hal ini kepada saya. Jawaban saya selalu sama: dengarkan apa kebutuhan tubuhmu saat itu.

 

Setiap bulan, bahkan setiap hari, tubuh kita berubah-ubah; jadi kebutuhannya juga pasti berubah-ubah. Mungkin bulan ini perut rasanya kembung, jadi lebih enak jika ikut kelas yoga yang berkeringat. Lalu bulan berikutnya haid datang diikuti dengan migren yang hebat, jadi tentunya lebih baik istirahat. Disinilah kita harus sadar bahwa kita butuh fleksibel untuk menyikapi jadwal acara yang mungkin sudah disusun dari jauh-jauh hari. Be kind to yourself and take it easy.

 

Bagi teman-teman yang badannya terasa nyaman untuk tetap yoga pada saat haid, maka saat ini adalah saat yang paling tepat untuk berlatih meditasi yang sedalam-dalamnya, yaitu betul- betul mendengarkan tubuh dan hanya melakukan gerakan-gerakan yang terasa nyaman. Jika perlu melakukan Child's Pose ditengah-tengah kelas, maka lakukan asana itu sampai rasanya cukup. Tidak perlu merasa sungkan karena yoga adalah latihan untuk dirimu sendiri, yoga is your personal practice, jadi hanya dirimulah yang tahu apa yang terbaik untukmu saat itu.

 

Bagi teman-teman yang memilih untuk istirahat di rumah, berikut ini saya berikan beberapa gerakan yang aman untuk dilakukan pada saat haid jika tubuh ternyata rasanya perlu stretching. Yoga asana inilah yang selalu saya lakukan di rumah pada saat saya libur berkegiatan karena sedang haid. Lakukan setiap gerakan dengan perlahan, tahan sekitar 1-2 menit, dan gunakan alat bantu jadi setiap gerakan dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa paksaan.

  • Paschimottanasana (Seated Forward Bend) dengan lutut menekuk dan lutut diganjal bantal/guling.

SeatedForwardBend1.jpeg
SeatedForwardBend2.jpeg
  • Knees to Chest.

  • Balasana (Child’s Pose) dengan tumpuan bantal/guling (tumpuk bantal/guling sebanyak

    yang kamu perlukan).

  • Savasana (Corpse Pose) dengan penutup mata.

Pakailah alat bantu yang sudah tersedia. Jadi misalnya, jika kamu tidak mempunyai penutup mata maka kamu dapat memakai handuk yang dilipat. 

Selamat mencoba, and enjoy your break!

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook