Yoga Pada Saat Sakit Flu

"Apakah sebaiknya saya tetap yoga jika sedang sakit flu?" Inilah salah satu pertanyaan yang sering saya dengar jika memasuki musim hujan seperti sekarang. Jawaban saya selalu sama: jika tubuh rasanya lebih membutuhkan tidur, then please listen to your body. Karena menurut saya istirahat dan tidur adalah obat yang paling ampuh untuk sakit flu.

Walaupun begitu, kadang tubuh terasa pegal dan ingin bergerak pada saat kita sedang beristirahat di rumah. Tentu saja kita boleh melakukan stretching yang ringan agar rasa kaku dan pegal tersebut hilang. Berikut ini adalah beberapa postur yoga yang biasanya saya lakukan jika badan saya sedang tidak terlalu fit.

STANDING FORWARD BEND

(UTTANASANA) WITH CHAIR

Jika tubuh sedang kurang fit, saya biasanya melakukan postur Standing Forward Bend (Uttanasana) dengan menggunakan bantuan kursi. Postur tersebut menjadi tidak terlalu intens, tetapi stretching pada kaki belakang dan punggung tetap terasa.

Postur ini memberikan rasa segar pada kepala dan daerah pernapasan karena posisi kepala yang terbalik. Jangan lupa, jaga postur tubuh seperti jika akan melakukan Uttanasana, yaitu posisi kaki tetap paralel, tekuk badan dari pinggang, dan tekuk lutut sedikit agar posisinya tidak mengunci.

Tahan postur ini sekitar dua sampai lima menit.

BOUND ANGLE POSE

(BADDHA KONASANA) WITH PILLOWS

Sama seperti Baddha Konasana yang biasa kita lakukan di kelas, pada postur ini punggung juga harus tegak ketika menekuk ke depan. Kemudian kedua lutut ditopang oleh bantal, sehingga tubuh rasanya lebih rileks karena selangkangan tidak perlu dibuka terlalu dalam.Untuk melakukan postur ini, mulailah dari posisi duduk dan tekuk kedua lutut sehingga dekat ke dada. Kemudian buka kedua lutut dan rapatkan kedua telapak kaki. Ganjal kedua lutut dengan bantal yang tebalnya sama. Letakkan kedua tangan di samping, tutup mata, dan bernapas halus agar rasa penat perlahan bisa hilang. Postur ini membuka daerah dada, perut, dan selangkangan sehingga memberikan rasa rileks.Lakukan postur ini selama minimal lima menit.  

LEGS UP THE WALL POSE

(VIPARITA KARANI)

Untuk melakukan postur ini naikkanlah kedua kaki ke atas tembok dengan posisi tubuh tiduran di lantai. Tekuk sedikit kedua lutut agar posisi tubuh bisa terasa rileks dan nyaman. Tutup mata dan biarkan kedua lengan berada di samping tubuh.Postur ini membuka daerah dada sehingga napas bisa terasa lega.Lakukan postur ini selama minimal lima menit.  

Reclining Twist

Postur ini dimulai dengan tiduran di lantai. Seiring dengan exhale tekuklah kaki kanan sehingga lutut menempel di dada, dan rebahkanlah kaki kanan yang menekuk tersebut ke samping kiri tubuh. Ganjal lutut kanan dengan bantal sehingga tubuh bisa rileks dalam melakukan postur twist ini.

Manfaat dari postur ini adalah dapat membantu tubuh menjadi rileks dan nyaman.

Tutup mata dan nikmati postur ini selama tiga menit, kemudian ulangi hal yang sama pada sisi tubuh yang satu lagi.

Saya harap informasi ini bisa berguna. Semoga kita semua selalu sehat, mind, body, and soul .

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook