Tips Mudah Untuk Latihan Meditasi

Apakah kamu masih susah untuk meditasi padahal senang dengan efek sesudahnya? Jika jawabanmu ya, berarti sudah saatnya kamu berlatih meditasi dengan rutin setiap hari. 

 

Jika kamu pernah ikut kelas saya mungkin masih ingat beberapa petunjuk-petunjuk yang sering saya sampaikan ketika meditasi. Itu sebenarnya "bocoran" agar lebih mudah jika kamu mencoba meditasi di rumah. Untuk kamu yang belum pernah ikut kelas saya, berikut ini tips meditasi yang mudah untuk dilakukan setiap hari:

 

  1. Rasakan tubuh. Rasakan sitting bone menempel di lantai, dan tulang punggung tegak, sitting tall. Bayangkan ada tali di atas ubun-ubun yang menarik kepalamu sehingga tulang punggung tegak. Gulung bahu ke belakang agar bahu tidak tegang dan posisinya jauh dari telinga, sehingga bahu benar-benar relax, sambil menjaga agar posisi dada tidak membusung.

  2. Fokus ke napas, rasakan udara yang masuk melalui hidung, dan keluar melalui hidung lagi. Jika napas tidak terasa, maka rasakan gerakan perut pada saat bernapas, yaitu perut mengembang saat menarik napas (inhale) dan mengempis saat buang napas (exhale).

Meditasi bukanlah mengosongkan pikiran, karena hal itu tidak mungkin kan… jadi meditasi itu sebenarnya adalah be aware of your thoughts, and be aware of your breathing. Jika ada pikiran yang mampir, tidak perlu diproses.... sadari bahwa pikiran itu ada, kemudian biarkan pergi seiring dengan exhale. Acknowledge it, then let it go.

 

Semoga tips singkat ini bisa membantu latihan meditasimu. Selamat mencoba! 🙂

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook