Metode Meditasi yang Mudah

untuk Dilakukan Sehari-hari

Hallo teman-teman semua! :)

Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing tentang metode meditasi yang sekarang ini sering saya berikan di kelas dan lakukan sendiri di rumah. Metode ini mudah karena kamu hanya perlu menghitung mundur. Bagi teman-teman yang sering ikut kelas saya mungkin sudah cukup familiar dengan metode ini. In case ada yang lupa dan ingin mencoba di rumah, berikut ini saya berikan caranya secara detail.

Meditasi ini dilakukan dengan duduk, bisa duduk di lantai atau duduk di kursi. Jadi bisa kamu lakukan di mana saja termasuk di kantor.

  • Duduk dengan punggung tegak, di lantai atau di kursi. Jika kamu duduk di lantai pastikan bahwa kedua kakimu dalam posisi bersila tetapi tidak saling menumpuk. Jika kamu duduk di kursi, posisi telapak kakimu harus bisa menempel sepenuhnya di lantai dan dalam posisi paralel. Jika kakimu berjinjit, ganjal kedua kakimu (bisa dengan balok, atau bahkan dengan buku) sehingga bisa rata menginjak lantai.

  • Tutup kedua mata, kemudian bayangkan ada tali di atas ubun-ubun yang menarik kepalamu sehingga tulang punggungmu terasa memanjang. Pastikan agar posisi dada terbuka tetapi tidak membusung; posisi tulang iga jangan menonjol ke depan. Posisi kedua bahu turun jauh dari telinga.

  • Letakkan kedua tangan di atas lutut, dan rasakan seluruh tubuh rileks tetapi tegak dan nyaman.

  • Bernapaslah dengan pernapasan perut, inhale perut mengembang dan exhale perut mengempis.

  • Jangan lupa otot-otot wajah juga rileks ya ... Selain itu, gigi jangan saling mengatup, jadi pisahkanlah geraham atas dengan bawah.

  • Mulailah bernapas dengan sadar. Yang harus diingat dari metode ini adalah satu hitungan napas adalah satu pasang inhale dan exhale. Rumus metode ini adalah berhitung mundur setengah napas dari 50 sampai 20. Mulailah dari inhale dan kemudian exhale hitung mundur dari 50. Teruskan dengan rumusan setengah hitungan napas tersebut, jadi pada inhale berikutnya hitung mundur ke 49, exhale berikutnya 48, inhale berikutnya 47, exhale berikutnya 46, dan seterusnya.

  • Ketika sampai di exhale 20, napas dirubah menjadi satu hitungan napas. Jadi exhale 20, inhaleexhale 19, inhale, exhale 18, inhale, dan seterusnya sampai ke 1.

  • Setelah hitung mundur ini selesai, nikmatilah hening sampai kamu merasa cukup.

 

Untuk keluar dari meditasi ini, kamu hanya perlu menggerakkan jari-jari tangan dan jari-jari kaki, tarik napas yang dalam lewat hidung dan buang perlahan tapi panjang lewat mulut beberapa kali, kemudian bukalah kedua mata.

Mudah bukan?! :) Jika waktumu terbatas, kamu dapat mencoba menghitung mundur sedikit lebih pendek, dari 30 atau 20 misalnya.

Dari pengalaman saya, meditasi dapat dirasakan manfaatnya jika rajin dilakukan tiap hari. Daripada meditasi seminggu sekali selama 30 menit, saya lebih baik meditasi 3-5 menit setiap malam sebelum tidur.

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook