Yoga Asana agar Tidur Bisa Lebih Pulas

Pernahkah kamu terpikir untuk melakukan yoga asana di malam hari, terlebih jika kamu susah tidur?

 

Berbagai gerakan yoga bisa dilakukan sebagai preambul agar tidurmu bisa lebih pulas asal kamu memilih yoga asana yang tepat.  Rumus yang paling mudah untuk diingat: yoga asana yang boleh dilakukan adalah yang dari penampakannya terlihat seperti menutup, yaitu contohnya Child’s Pose, Seated Forward Bend, atau Badha Konasana. Berarti yang jangan dilakukan adalah berbagai gerakan yang membuka dada atau heart opener poses, karena gerakan-gerakan ini justru akan membuat dirimu merasa segar. 

 

Yoga asana yang bersifat twisting sebenarnya juga aman untuk dilakukan sebelum tidur, asal sambil berbaring dan dilakukan dengan santai. Kalau perlu gunakan alat bantu seperti guling/bantal agar twisting yang dilakukan tidak bersifat intense.  

 

Berikut ini beberapa yoga asana yang menjadi favorit saya sebelum tidur, lengkap dengan bantuan dua buah bantal. 

 

  • Child’s Pose dengan dua bantal ditumpuk

  • Supta Badha Konasana dengan dua bantal di bawah masing-masing paha

  • Easy Twist dengan satu bantal diapit kedua kaki

 

Bereksprimenlah dengan menggunakan satu atau dua bantal, atau guling. Cari komposisi seperti apa yang paling pas untuk tubuhmu. Yang pasti karena yoga asana ini bertujuan untuk membuat rileks, jadi pastikan agar napasmu panjang dan dalam. Tahan tiap asana cukup lama sekitar 40-50 napas. Cek terus tubuhmu jangan sampai ada yang terasa sakit; jika ada kurangi intensitas asananya dengan menambah/mengurangi bantal, atau bahkan keluar dari asana tersebut dan masuk ke posisi yang paling netral yaitu Savasana

 

Jika sudah selesai dan kamu siap tidur, jangan lupa kirimkan terima kasih untuk tubuh dan napasmu, dan juga alam semesta.

 

Selamat mencoba dan semoga tidurmu bisa lebih berkualitas!

20181217_154735.jpeg

Child's Pose

20181217_154916.jpeg

Supta Badha Konasana

20181217_155154.jpeg

Easy Twist

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook