Karena saya sering mendapatkan berbagai pertanyaan mengenai yoga, jadi saya ingin merangkum pertanyaan-pertanyaan tersebut ke dalam satu bagian di dalam website saya ini. Untuk kemudahan pencarian kolom ini akan saya berikan hashtag khusus yaitu #tanyayogawithchandrakj! di halaman Tips Yoga & Meditasi. Pada minggu ini saya mau merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya oleh teman-teman yang mau ikut yoga pertama kali. Semoga bisa membantu kamu yang juga punya pertanyaan seperti di bawah ini.

Q: Apakah saya bisa ikut yoga jika saya belum pernah mencoba sama sekali?

A: Bisa banget.... karena dalam latihan yoga yang paling penting adalah menjaga agar napas seimbang antara inhale dan exhale, dan mendengarkan keperluan dan kemampuan tubuh sendiri. Jadi tidak ada masalah jika kamu tidak bisa melakukan suatu yoga asana (pose/gerakan yoga) atau malah yoga asana itu terasa mudah sekali. Karena yang terpenting adalah napas.

 

Q: Apakah saya bisa ikut yoga jika usia saya sudah 30-an?
A: Tidak ada kata terlambat untuk latihan yoga. Apalagi yang terpenting dalam latihan yoga adalah mendengarkan tubuh sendiri, jadi tidak ada keharusan untuk menjadi expert untuk suatu yoga asana.

 

Q Baju apa yang digunakan untuk latihan yoga?
A: Baju yang nyaman. Untuk perempuan biasanya celana panjang atau celana selutut dari bahan kaos atau bisa juga memakai legging, dan atasannya bisa t- shirt, kaos lengan panjang, atau tank top. Untuk lelaki biasanya celana panjang atau selutut dari bahan yang nyaman, dan t-shirt/tank top.

 

Q: Apakah sebaiknya makan dulu sebelum yoga?
A: Ini tergantung badan masing-masing; kalau saya terus terang tidak pernah makan kalau mau yoga di pagi hari, baik ketika saya mengajar ataupun saya ikutan kelas. Jika saya lapar sekali biasanya saya makan kurma 1-2 buah atau dark chocolate 1-2 potong kecil. Untuk kelas sore atau malam, saya beri jarak sekitar 2-3 jam antara makan yang terakhir dengan kelas yoga tersebut.

 

Q: Apa syaratnya jika ingin mencoba latihan yoga?
A: Syaratnya gampang sekali, datanglah ke kelas yoga dengan hati dan pikiran yang terbuka😊 Karena yoga itu adalah sesuatu yang harus dirasakan sendiri, jadi lebih baik langsung datang ke kelas dan ikuti latihannya.

 

Q: Seberapa rutin sebaiknya saya latihan yoga?
A: Kalau bisa 2-3 kali seminggu. Yoga itu lebih baik dilakukan rutin beberapa kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 - 90 menit, daripada latihan yoga hanya dua minggu sekali (atau bahkan sebulan sekali) dengan durasi 90-150 menit. Jadi jika kamu hanya bisa ikut kelas seminggu sekali, maka sebaiknya kamu juga latihan yoga di rumah. Tidak perlu lama-lama, cukup 20-30 menit asal dilakukan dengan rutin.

 

Q: Apakah saya bisa ikut jika saya tidak fleksibel?
A: Jika kamu tidak fleksibel justru kamu sebaiknya latihan yoga agar bisa lebih fleksibel. Dan jika sampai kamu tetap merasa susah melakukan beberapa yoga asana, kamu bisa menggunakan alat-alat bantu seperti balok, tali, bahkan bantal.

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook