Latihan Praktis Untuk Tree Pose

Apakah kamu pernah merasa pada saat melakukan Tree Pose ternyata kakimu yang diangkat tidak terbuka 90°? Hal ini tentunya tidak wajib, karena yoga asana sebaiknya mengikuti rasa nyaman di tubuh. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu ingin melakukan latihan-latihan yang bisa membantu tubuhmu nyaman pada saat melakukan Tree Pose. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan latihan untuk asana ini yang sangat mudah dan dilakukan sambil tiduran. Mari kita mulai.

Berbaring dengan nyaman di atas matras kemudian tekuk kaki kiri agar kedua tanganmu bisa memeluk lutut. Tahan posisi ini untuk beberapa napas kemudian lakukan latihan ini untuk kaki kanan juga. Kamu bisa mengulang latihan ini beberapa kali untuk setiap kaki.

Peluk lagi kaki kiri, kemudian dalam keadaan tertekuk bukalah kaki kirimu ke kiri. Tempel telapak kaki kiri ke paha dalam kanan. Tahan posisi ini untuk beberapa napas kemudian lalukan pada kaki kanan. (Mungkin kamu sadar bahwa ini adalah Tree Pose, tetapi dilakukan dalam keadaan berbaring 😉).

Sekarang mari coba melakukan Tree Pose sambil berdiri dengan mengingat beberapa hal wajib untuk asana ini:

  1. Telapak kaki yang menapak di lantai harus ditekan mantap pada empat titik grounding (bayangkan empat titik ban mobil).

  2. Otot perut harus aktif karena beban berat badan diambil sebagian oleh otot perut.

  3. Tulang punggung memanjang.

  4. Kedua bahu dijaga agar tetap turun posisinya (jangan mendekati telinga).

  5. Posisi kedua pinggul sejajar.

  6. Otot paha aktif sehingga telapak kaki yang menempel ke paha dalam bisa terasa seperti menginjak dataran yang rata.

  7. Tekuk sedikit lutut, hanya micro bending, agar otot paha bisa aktif dengan lebih mudah.

Tahan asana ini untuk beberapa napas, dan jangan lupa lakukan sisi yang satu lagi. Tentunya bisa diulang lagi sampai terasa mantap.

Jika ternyata telapak kakimu sulit menempel ke paha dalam kaki yang satu lagi, maka turunkan sampai ke betis dan JANGAN ke lutut. Lutut pantang diberi beban dalam asana ini.

Jika kaki di betis rasanya juga kurang seimbang, mungkin pinggulmu menjadi naik sebelah, maka latihan dulu Tree Pose dengan menyandarkan kaki ke pergelangan kaki yang satu lagi. Jangan lupa terapkan tujuh poin di atas tersebut.

Selamat berlatih, and enjoy your journey in this asana!

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook