Yoga Asana Mudah Saat Travelling

Yoga adalah salah satu olah tubuh yang bisa dilakukan dimana-mana dan kapan saja. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika kamu dapat meluangkan waktu untuk berlatih yoga setiap hari, paling tidak latihan sendiri sekitar 15-20 menit.

Pada saat traveling yoga terasa sangat berguna bagi saya karena praktis dan membuat tubuh saya siap untuk jalan-jalan di pagi hari maupun berisitirahat di malam hari. Terus terang sayapun suka malas untuk berlatih yoga sequence yang panjang karena sudah keburu ingin cepat-cepat menjelajahi kota baru tersebut; jadi saya ada beberapa yoga asana andalan yang dapat dijadikan latihan pagi yang instan.

  • Cat & Cow

  • Downward Dog dengan lutut menekuk bergantian

  • Child’s Pose

Mari kita bedah satu-satu:

CAT & COW POSE

Cat Cow selalu menjadi andalan untuk pemanasan karena jika dilakukan dengan satu napas pada setiap gerakan (inhale pada saat Cow Pose dan exhale pada saat Cat Pose) maka gerakannya jadi mengalir dan seluruh tubuh dapat merasakan efeknya. Untuk variasi saya biasanya membuat gerakannya menjadi slow motion dan membuat napasnya lebih panjang. 

DOWNWARD DOG

Bagi saya yang punya hamstring cenderung kaku di pagi hari, maka Downward Dog yang nyaman bagi tubuh saya adalah dengan cara menekuk lutut bergantian seperti mengayuh sepeda. Gerakan ini juga bisa dilakukan pelan-pelan sekitar 5 napas untuk satu kaki. 

CHILD’S POSE

Bagi saya Child Pose paling efektif untuk membantu saya grounding karena posisinya yang rendah di lantai. Biasanya asana ini saya tahan sekitar 30-40 napas, dan kadang-kadang saya beri variasi dengan melebarkan lutut dan menekuk jari-jari kaki. 

Variasi yang bisa kamu dengan ketiga gerakan di atas adalah dengan menggabungkan menjadi suatu yoga sequence sebagai berikut:

  1. Inhale – Cow Pose

  2. Exhale – Cat Pose

  3. Inhale – Cow Pose

  4. Exhale – Downward Dog

Lakukan sequence ini sampai kamu merasa cukup, kemudian tutuplah latihanmu dengan Child's Pose dan meditasi. Setelah ini kamu siap untuk jalan-jalan dengan tubuh yang segar dan pikiran yang tenang. 

 

Selamat latihan!