#tanyayogawithchandrakj -meditasi pertama kali.png

Selamat datang di sesi #tanyayogawithchandrakj! 

 

Memang sudah lama saya tidak merangkum berbagai pertanyaan dari teman-teman dan murid-murid saya, tapi bukan berarti tidak ada loh… 😊

 

Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa pertanyaan yang saya dapatkan seputar meditasi, dan tentunya jawaban-jawaban saya. Semoga bisa membantu kamu yang juga punya pertanyaan yang sama.

 

Q: Kapan sebaiknya saya mulai latihan meditasi? 

A: Ya sekarang😉! Untuk mulai latihan meditasi tidak perlu menunggu situasi yang tepat karena waktu yang tepat adalah saat ini.

 

Q: Kapan waktu yang tepat untuk latihan meditasi? Lebih baik pagi atau malam hari?

A: Kalau menurut saya ini tergantung rutinitasmu setiap hari dan apa intention atau tujuanmu latihan meditasi. Misalnya, jika kamu meditasi untuk grounding atau fokus menyelesaikan pekerjaan, maka tentunya lebih baik kamu meditasi di pagi hari saat baru bangun tidur. Sedangkan jika kamu sulit tidur dan meditasi dengan intention rileks maka sebaiknya kamu meditasi di malam hari.

 

Q: Apa yang saya harus siapkan sebelum latihan meditasi?

A: Yang harus dipersiapkan hanya diri sendiri, waktu dan tempat. 

 

Q: Saya selalu merasa ngantuk, lapar, dan lain sebagainya pada saat latihan meditasi, apakah ada teknik yang bisa membuat meditasi menjadi lebih mudah?

A: Ada banyak teknik meditasi yang bisa membuat pikiranmu jadi konsentrasi kepada satu titik fokus tertentu. Untuk tahu teknik mana yang paling cocok tentunya kamu harus mencobanya, and take your time to observe and investigate.

 

Q: Apakah boleh saya memasang timer untuk latihan meditasi?

A: Tentu saja boleh. Saran saya, jika kamu baru mulai meditasi sebaiknya tidak berambisi untuk meditasi dengan durasi yang panjang. Pasang saja timer di 3-5 menit untuk 6 bulan pertama.

 

Q: Seberapa rutin sebaiknya saya latihan meditasi?

A: Saran saya cobalah untuk latihan meditasi sehari sekali. Durasinya tidak perlu lama-lama, 3-5 menit saja jika kamu baru mulai, tapi usahakan meditasi pada jam yang sama setiap harinya. Better start small; jadi jika 5 menit terasa lama maka meditasi saja sepanjang 10-20 napas, tapi yang penting dilakukan setiap hari.

 

Q: Apakah meditasi selalu harus dilakukan sambil duduk di lantai?

A: Tidak, meditasi bisa dilakukan sambil duduk di kursi, berdiri, berbaring ataupun bergerak. Tapi tentunya meditasi sambil duduk (di lantai maupun di kursi) bisa membantumu untuk lebih konsentrasi. Oh iya, jangan lupa jika kamu duduk di kursi pilih kursi yang sandarannya tegak; jadi jangan duduk di sofa. 

 

Q: Apakah meditasi boleh dilakukan beramai-ramai dalam suatu grup?

A: Tentunya boleh, tapi saran saya jangan tergantung dengan jadwal grup. Misalnya, jika kamu ikut meditasi dengan grup seminggu sekali, jangan lupa buat jadwal untuk meditasi sendiri juga. Karena pada akhirnya meditasi adalah your personal practice, dan manfaatnya untukmu sendiri juga. 

 

Q: Bagaimana mencari guru meditasi yang cocok untuk saya?

A: Sama dengan teknik meditasi yang cocok, guru meditasi juga harus kamu coba sesinya terlebih dahulu. Be open minded and have an open heart in your meditation journey. Jangan kecil hati jika misalnya guru yang cocok bagi teman-temanmu ternyata tidak ada connection di dirimu. Tetaplah meditasi dan nikmati semua rasa yang timbul tanpa menghakimi diri sendiri. 

 

Jika kamu masih ada pertanyaan lain seputar meditasi, maka saya bisa dihubungi di sini dengan klik ikon surat di bagian bawah halaman ini atau DM IG saya di @chandra.kj

 

Terima kasih dan selamat latihan meditasi!