Moving Meditation sebagai

Alternatif Latihan Meditasi

Apakah kamu merasa sulit untuk latihan meditasi yang duduk diam? Jika ya, berikut ini ada beberapa alternatif dari meditasi yang disebut moving meditation. Jadi kegiatan-kegiatan ini dapat dilakukan dengan fokus yang sama seperti ketika sedang meditasi, yaitu fokus ke napas; namun selama melakukannya kita boleh bergerak. Jangan lupa selain merasakan napas, amati juga pikiran dan ajak pikiran untuk tidak jalan-jalan keluar tubuh.

  • Meditasi sambil mengerjakan pekerjaan rumah

Ini adalah salah satu teknik yang sering saya latih. Teknik ini mengajarkan kita untuk melakukan pekerjaan rumah dengan penuh kesadaran. Jadi ketika sedang menyapu dan mengepel lantai, mencuci piring atau merapikan tempat tidur, saya mencoba melakukannya dengan penuh perhatian. Misalnya pada saat merapikan tempat tidur, saya melipat selimut dan membereskan bantal-bantal sambil bernapas dengan penuh awareness. Selain pekerjaan jadi lebih cepat selesai karena tidak disambi dengan pekerjaan lain (seperti misalnya chatting di ponsel), pikiran pun bisa jadi lebih tenang.

  • Free-form dancing

Teknik kedua yang sering saya lakukan adalah bergerak bebas diiringi dengan musik. Mungkin tampak seperti menari, tetapi bukan menari yang ada aturan gerakan yang baku. Free-form dancing adalah menari suka-suka gaya bebas, dan sambil bergerak rasakan napas dan juga bagian- bagian tubuh. Jika ada bagian tubuh yang terasa tidak nyaman maka saya akan fokus pada bagian tubuh tersebut dan bergerak ke berbagai arah untuk melonggarkan rasa yang tidak nyaman itu. Jangan lupa alirkan napas ke bagian tubuh tersebut.

Biasanya saya latihan meditasi ini tidak lama-lama, hanya sekitar 10 menit. Tetapi jika saya ikut kelas estatic dance, maka durasinya menjadi lama karena sayang jika ikut tidak sampai selesai 🙂

  • Meditasi sambil jalan kaki 

Teknik ini adalah meditasi sambil berjalan kaki dengan penuh kesadaran akan setiap langkah yang kita ambil. Rasakan setiap langkah di telapak kaki dan rasakan tekstur jalanan yang kita injak, apakah di aspal atau di tanah dan bagaimana rasanya di telapak kaki. Rasakan juga udara yang kita hirup, apakah hangat atau sejuk, dan apakah napas terasa ringan atau berat.

Membaca berbagai kegiatan di atas, apakah kamu ternyata selama ini sudah melakukan moving meditation? Apapun yang kamu lakukan, semoga bisa mendatangkan hasil yang baik. Have a great meditation practice, and don’t forget to enjoy the process!

Copyright © 2020 by Yoga with Chandra KJ!

- May all beings be happy, blessed, and free -

  • YouTube
  • Facebook