WixTentangSaya.jpg

Tentang Saya

Yoga bisa dikatakan adalah sanctuary bagi saya, tempat di mana saya merasa paling nyaman dengan diri saya sendiri. Sejak tahun 2005, saat saya menginjakkan kaki pertama kali di kelasnya Mas Arif di Rogers Senopati, yoga langsung menjadi tempat saya mengeksplorasi berbagai lapisan diri saya. Tentunya saat itu saya belum mengajar yoga; tetapi yoga bisa dikatakan langsung menjadi bagian besar dari hidup saya. Setelah 8 tahun barulah saya merasa mantap untuk sharing ilmu saya ini dan mengajar yoga sampai sekarang.

 

Bagi saya yang menarik dari dunia yoga ini adalah saya terus penasaran dengan ilmu ini. Sejak saya mengambil YTT pertama di Vikasa Yoga, Koh Samui dibawah bimbingan Kosta Miachin, saya jadi lanjut mengambil berbagai training yang memperkaya ilmu yang saya miliki. Dari Mba Thelma - Karmarati, saya belajar berbagai teknik meditasi dan ilmu chakra; dari Cat Kabira saya jadi mengenal tentang energi dan berbagai nuansanya; dari Silvia Hendarta saya mengulik kitab Yoga Sutra dari Patanjali; dari Jason Crandell saya belajar tentang the Art of Yoga Sequencing, dan banyak lagi. Sampai sekarang saya juga masih ikut berbagai kelas dan workshop yoga yang menarik bagi saya. Ilmu-ilmu tersebut ada yang bisa saya turunkan ke murid-murid saya, tetapi banyak juga yang menjadi bekal hidup saya. Yoga memang suatu ilmu yang sangat menarik dan bisa diaplikasikan ke dalam berbagai fase hidup kita. 

 

Kelas saya adalah gabungan dari berbagai aliran yang pernah saya pelajari dengan apa yang saya rasakan pada saat saya mempersiapkan sekuens suatu kelas. Gerakan-gerakan yang saya berikan juga tidak complicated karena saya ingin agar semua orang bisa merasakan koneksi dengan dirinya sendiri pada saat mengikuti kelas yoga saya. Kadang kelas yang saya berikan adalah Hatha Yoga yang saya ambil dari Vikasa, jadi gerakannya pelan dan intense; kadang saya memberikan kelas vinyasa slow, yang mengalir dari satu gerakan ke gerakan lain. Yang pasti saya selalu memberikan latihan meditasi di dalam kelas saya, karena meditasi adalah intisari yang membuat suatu latihan yoga menjadi utuh. For me, meditation is the true purpose of yoga.

 

Pada akhirnya, yang paling penting dalam latihan yoga adalah kemauan seseorang untuk membuka diri dengan jujur dan menerima dirinya apa adanya.

Hubungi Saya

  • Black Instagram Icon
  • YouTube
  • Black Facebook Icon